info,pendidikan,sertifikasi,dapodik,guru,cpns,honorer,Tunjangan Profesi: Pola Setifikasi PPG 2015 Lebih Sulit Dari PLPG

Wednesday, April 1, 2015

Pola Setifikasi PPG 2015 Lebih Sulit Dari PLPG | info,pendidikan,sertifikasi,dapodik,guru,cpns,honorer,Tunjangan Profesi

Pola Setifikasi PPG 2015 Lebih Sulit Dari PLPG

Pola Sertifikasi PPG yang mulai diberlakukan 2015 ini akan lebih sulit dimana waktu pendidikan lebih lama dibanding pola PLPG sebelumnya. Namun Tujuan dilaksanakan PPG lebih lama agar mutu dan kualitas guru akan lebih baik dan menghuni setelah mengikuti PPG sesuai dengan sertifikat pendidik yang disandangnya  ketika telah dinyatakan lulus dari diklat/pelatihan. ( BACA JUGA : Cara Cek Status Verifikasi Calon Peserta Sergu 2015   )

Direktur PPG Unesa Lutfiah Nurlaela menyatakan, pemerintah hampir pasti memilih PPG dalam pelaksanaan sertifikasi guru nanti. Namun, polanya masih dibahas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik. ''Apakah PPG seperti guru prajabatan atau PPG guru dalam jabatan, polanya masih dibahas,'' jelasnya kemarin (28/10). ( BACA JUGA : Kebijakan Baru Sergu 2015 Sesuai Edaran BPSDMPK PMP  )

Untuk PPG prajabatan, pendidikan bagi guru PAUD dan SD berlangsung selama enam bulan, sedangkan guru SMP dan SMA setahun. Masa pendidikan PPG dalam jabatan belum ditentukan.


sertfikasi guru ppg 2015

Berdasar informasi, PPG 2015 dilaksanakan sekitar tiga bulan. Yakni, sebulan untuk pendidikan di kelas dan dua bulan praktik di lapangan. ''Pola pastinya juga sedang dibahas,'' ujarnya. ( BACA JUGA : Perubahan Pola dan Jadwal Sergu 2015 Terbaru  )

Yang pasti, hasil model PPG diyakini jauh lebih baik dan terukur daripada PLPG. Sebab, PLPG hanya dilaksanakan sekitar sebelas hari. Model pelatihan selama PLPG hanya micro teaching, yaitu praktik mengajar. Namun, praktik hanya dilakukan saat pelatihan. Sementara itu, PPG menggunakan model real teaching. Ada praktik mengajar di lapangan selama dua bulan. Waktu setiap jenjang berbeda.( BACA JUGA : Jadwal Agenda Kegiatan Sertifikasi Guru 2015  )

Lutfiah mengungkapkan, amanat UU Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban melaksanakan pendidikan ikatan dinas bagi guru dengan tempat tinggal asrama. Namun, nantinya PPG dilaksanakan dengan model asrama atau tidak juga belum diputuskan. Sebab, dibutuhkan anggaran yang sangat besar. ( BACA JUGA :  Prioritas Calon Peserta Sertifikasi Guru 2015 )

Ketua PLPG Unesa Alimufi Arief menambahkan, pelaksanaan sertifikasi 2015 sudah pasti menggunakan PPG. ( BACA JUGA : Kisi-kisi Materi UKG 2015   )

Nantinya, pola PPG 2015 memakai model in dan on seperti yang diterapkan dalam pelatihan kurikulum 2013. Guru akan mendapatkan pelatihan atau in di kelas untuk beberapa lama. Setelah itu, mereka onkeluar mengajar di kelas. Lalu, mereka dievaluasi kelemahannya selama mengajar. ( BACA JUGA : Dokumen Yang Dipersiapkan Calon Peserta sertifikasi Guru 2015  )

''Mereka juga in dan on lagi untuk mendapatkan pelatihan dan memperbaiki kelemahan. Sampai betul-betul mereka mampu mengajar lebih baik,'' ucapnya. Mereka yang ikut PPG adalah guru yang diangkat menjadi PNS setelah Desember 2005.


No comments :

Post a Comment