info,pendidikan,sertifikasi,dapodik,guru,cpns,honorer,Tunjangan Profesi: Guru Linier dan tidak Linier di Dapodik

Saturday, July 5, 2014

Guru Linier dan tidak Linier di Dapodik | info,pendidikan,sertifikasi,dapodik,guru,cpns,honorer,Tunjangan Profesi

Guru Linier dan tidak Linier di Dapodik

Banyaknya guru yang bertanya mengenai pengertian linier dan tidak linier pada pendataan dapodik, mungkin  menjadi topik hangat untuk dibahas mengingat saat ini Kemendikbud memberikan kesempatan kedua bagi guru bersetifikasi untuk kembali mengikuti PLPG yang dikarenakan mata pelajaran yang tertera disertifikat pendidik serta Ijazah S1 yang dimiliki tidak sesuai dengan bidang studi yang diampu atau diajarkan disekolah.

Masalah ini banyak ditemukan pada guru sekolah dasar. Dimana guru kelas yang mengajar kebanyakan bukan berlatar belakang Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 (PGSD) melainkan dari disiplin ilmu yang lainnya. contoh kasus Seorang guru ijasahnya bhs inggris, sertifikatnya guru kelas dan mengajar guru kelas,apakah disebut linear dan apakah berhak untuk dapat tpp? ato harus kuliah lagi di PGSD? atau ikut sertifikasi lagi yang kedua? bagaimanasolusinya?

Linier adalah Mata Pelajaran yang tertulis di sertifikat pendidik (Lihat di No Peserta) dan Mata Pelajaran yang diampu oleh seorang guru bersertifikat pendidik adalah SAMA. Serta Ijasah S1-nya harus sesuai dengan mata pelajaran yang ada disertifikat pendidik dan mata pelajaran yang diajarkan.
contoh : Si A pada sertifikat pendidik Mata Pelajaran yang tertera IPS maka harus mengajar mata pelajaran IPS dan Ijasah S1-nya harus berlatar belakang IPS ( geografi,sejarah,dll)

Tidak Linier adalah Mata Pelajaran yang tertulis di sertifikat pendidik (Lihat di No Peserta) dan Mata Pelajaran yang diampu oleh seorang guru bersertifikat pendidik adalah TIDAK SAMA.
Contoh : Si B pada sertifikat pendidik Mata Pelajaran yang tertera Bahasa Indonesia
tetapi Dia mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris dan Ijasah S1-nya berlatar belakang dari disiplin ilmu lainnya bukan bahasa Indonesia.
Linier adalah salah satu syarat untuk mendapatkan TPP (Tunjangan Profesi Pendidik). 

Syarat menerima Tunjangan ProfesiGuru :

Seorang guru akan mendapatkan Tunjangan Profesi bila telah memenuhi Syarat Administratif dan Syarat Teknis.
Syarat Administratif
  1. Memiliki Sertifikat Pendidik yang Sah
  2. Mengajar 24 Jam sesuai dengan bidang yang diampu (linier)
  3. Memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG)
Syarat Teknis
  1. Melakukan Update Data melalui Aplikasi Dapodik
  2. Mengisi Penugasan pada rombel dengan mengisi secara benar matapelajaran yang diajarkan dan jjm nya
  3. Status Guru dinyatakan Aktif pada dapodik
  4. Rombel yang diajarkan tidak termasuk dalam kategori Rombel Tidak Normal



297 comments :

  1. Ass. mohon maaf , saya mau bertanya, bagaimana dengan guru yang ijasahnya fisika, sertifikat pendidiknya matematika dan dia mengajarnya matematika. apakah linear atau tidak ?

    ReplyDelete
  2. walaikumsalam, Ijazah dan bid. sertifikasi harus sejalan mas. jadi kalau ijazahnya fisika harus bid. sertifikasi fisika dan mengajar fisika. jika tidak linier kemungkinan bid. sertifikasi ( PLPG) diulang kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass...bgmn kl sperti kasus saya...s1 dan a4 sy sejarah...krklm 2006 memaksa km untuk mgambil ips...dan sertif.ips...tetp kur 13 tdk ada ips ttp kembali ke sejarah...haruskah sy diklat sejarah lagi?

      Delete
  3. JJM dalam Dapodik akan tidak diakui mas kalau latar belakang pendidikan dan bid. studi sertifikasi tidak linier

    ReplyDelete
  4. ass,,... jika ijazah teknik mesin dan sertifikat pendidik teknik mesin kendaraan ringan sedangkan mata pelajaran yang diampu teknik kendaraan ringan apa ini dikatakan tidak linier

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wslm Mba. Iijazah, sertifikat pendidik dan Bid.studi yang diampu linier. Jadi tidak perlu khawatir tunjangan profesi pasti dapat.

      Delete
    2. Maz rahmat bgaimana dengan jjm saya 28 tp tidak linear coz di dapodikmen tkr kendraan ringan untuk ktsp tdk ada.yg ada k13

      Delete
  5. Mohon maaf , kalau ijazahnya bahasa inggris , sertifikatnya guru kelas dan mengajar guru kelas apakah ini harus mengulang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Karena Ijasah harus sesuai dengan sertifikasinya yakni bahasa inggris dan bid. studi yang diajarkan atau diampu bahasa inggris juga sehingga dikatakan linier. Jadi kemungkinan diulang lagi PLPGnya.

      Delete
  6. Assalamualaikum, saya mau tanya kebetulan ijazah saya serjana agama,mengajar guru kelas,sertifikasinya juga guru kelas,tapi sekarang saya sudah kuliah pgsd mengambil penyetaraan ijazah ,bagaimana nantik status sertifikasi saya

    ReplyDelete
  7. Walaikumsalam, Jangan Khawatir tunjangan sertifikasi tetap jalan walau latar belakang ijazahnya sarjana agama, lebih mantap lagi jika nanti gelar sarjana pgsd sudah didapat. Semangat ya..

    ReplyDelete
  8. Assalamualikum, saya mau tanya, latar belakang pendidikan SPG, S1 jurusan Pend. Bahasa Indonesia. SK saya di SD sebagai guru kelas dan sertifikat guru kelas. Sekarang ada wacana guru seperti saya harus mengikuti kuliah S1 Bidang ilmu di UT. Perlukah itu? kalau saya tidak ikut apakah berdampak pada TPP saya?

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum, saya berlatar belakang pendidikan SPG, Jur. Pend. bahasa Indonesia (S1). SK saya di SD sebagai guru kelas, sertifikat guru kelas. Sekarang ada wacana kalau jurusan saya (S1) tidak linear dan harus kuliah Bidang Ilmu di UT. Perlukah? Bagaimana akibatnya pada TPP kalau saya tidak ikut kuliah tersebut?

    ReplyDelete
  10. Walaikumsalam, Jangan Khawatir Ibu TPPnya Tetap dapat. Ijazah SPG Jur. Bahasa Indonesia dan sertifikat pendidiknya Guru Kelas itu diakui di dapodik dan linier Ibu. Tetap semangat ya mengajarnya. Salam guru Indonesia.

    ReplyDelete
  11. Assalamualikum, saya berlatar belakang pendidikan SI jurusan
    ips, saya di SD sebagai guru kelas, sertifikasi guru kelas. Sekarang ada wacana kalau jurusan saya (S1) tidak linear dan harus kuliah Bidang Ilmu di UT. perlukah? bagaimana akibatnya pada TPP kalau saya tidak ikut kuliah tersebut?

    ReplyDelete
  12. walaikumsalam, tidak perlu khawatir TPP tetap cair, walau Ijasah s1-nya IPS dan Bid. sertifikasinya guru kelas tetap linier di dapodik dan JJM nya tetap 24 jam, tetap semangat ya mengajarnya.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum, Pak saya sertifikasi geografi, mengajar mata pelajaran geografi, tp ijazah saya ekonomi, bgmn tpp ?

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum,Pak saya sertifikasi geografi mengajar mata pelajaran geografi, tp ijazah saya ekonomi bgmn tpp saya?

    ReplyDelete
  15. walaikumsalam, Ijazah ekonomi tetapi ada Akta IV tidak masalah karena ekonomi masih linier dengan mata pelajaran IPS/IPS-terpadu dan bid.sertifikasi geografi, megajar geografi diakui di dapodik jadi TPPnya tetap cair. semangat ya..

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum, Pak saya mau tanya, saya mengajar geografi di SMA, ijazah saya ekonomi, sertifikasi geografi, trus gmn dengan TPP sy tahun 2015 apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, mas jangan cemas ijasah ekonomi sertifikasi geoegrafi kan masih linier dengan IPS terpadu jadi TPPnya tetap aman kan JJMnya diakui di dapodik. semangat ya..

      Delete
    2. Maaf setau sy ips terpadu adanya di smp. Bedakan,antara linear dan serumpun?

      Delete
    3. oh iya mas afri ,TPP sudah cair belum. jika sudah, berarti tak ada masalahkan. semangat yaa,, salam hormat.

      Delete
  17. Assalamualkm sy guru kls 4,p plpg thn 2012 untk guru kls tp ijazah sy S1 penddkn binggris. Dan lulus S1 pgsd maret 2013, bgmn sertifikasi sy, ap di anggap tdk linier?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam, kemungkinan harus disesuaikan dengan ijasah terbaru S1 PGSD nya agar linier dengan guru kelas.

      Delete
    2. Jd ap. Sy hrs plpg lg untk guru kls, dan bgmn dngn tunjangan sertifikasinysertifikasiny.trimaksh pncerahanny

      Delete
    3. Jd apa sy hrs plpg lg untuk guru kls? Dan bgmn dng Tpp ny. Trimakasih untk pncerahanny

      Delete
    4. Berarti sy hrs ngulang lg plpg guru kls ya, Ap TPPny gk bs cair untk 2015

      Delete
    5. Jika sekolahnya kembali menggunakan kurikulum 2006 di tahun 2015 ini, ijasah bahasa inggris dan bid.sertifikasi guru kelas kemungkinan jjm didapodik diakui dan TPPnya akan terbayarkan. tapi jika menggunakan kurikulum 2013 harus dilakukan penyesuaian dengan mengikuti PPG kembali.

      Delete
  18. Assalamu'alaikum.. istri saya guru SMA mengampu mapel ekonomi tapi jurusannya akuntansi kenapa status verifikasinya dihapus ya? bagaimana solusinya?..

    ReplyDelete
  19. Assalamu'alaikum... maaf pak gimana kalo mapel yang diampu ekonomi untuk SMA tapi latar belakang pendidikannya akuntansi?... status verifikasinya kok dihapus ya? mohon solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam, maksudnya yang dihapus verifikasi peserta sergu 2015. atau sertifikasinya mas...? jika verifikasi calon peserta sergu 2015 dihapus berarti mata pelajaran yang diampu harus akuntasi sesuai latar belakang ijasah pendidikannya.

      Delete
  20. di mapel ekonomi SMA didalamnya ada materi akuntansinya pak yaitu pada kelas xi semester 2 dan kelas xii semester 1 itu semua full materi akuntansi.... anehnya di daerah kami juga ada sertif guru kelas SD latar belakang akuntansi tapi kok
    bisa diverifikasi padahal ga punya akta...ini untk sertif 2015 pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ibnu coba konsultasikan hal ini ke LPMP setempat mudah-mudahan ada solusi. Jika mata pelajaran yang diampu di sekolah sesuai dengan latar belakang ijasah S1 yakni akuntansi dan memiliki akta IV itu sudah linier dan pengabdian sudah diatas 5thn sudah layak menjadi peserta sergu 2015. semangat ya.. salam hormat.

      Delete
  21. mas Ibnu coba konsultasikan hal ini ke LPMP setempat mudah-mudahan ada solusi. Jika mata pelajaran yang diampu di sekolah sesuai dengan latar belakang pendidikannya yakni akuntansi dan memiliki akta IV itu sudah linier dan masa pengabdian dia atas 5 thn sudah layak menjadi peserta sergu 2015. semangat ya..salam hormat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijazah PDU,jurusan koperasi,sertifikat koperasi 2008,mengajar KWU,tidak ada masalah sampai 2015,2016 linier pemasaran,akhirnya mengajar 2 SMK, SMK induk Ka.Perpus dinilai 12 jam dan SMK cabang di SMK TN Pemasaran 12 jam, sekarang ada aturan baru KaPerpus tidak dinilai. bagaimana caranya saya tetap mengajar Prakarya KWU di sekolah induk full ? Terima Kasih

      Delete
  22. mudah2an ada solusinya...terima kasih..

    ReplyDelete
  23. mudah2an ada solusinya...terima kasih..

    ReplyDelete
  24. askum. mau tanya, ijazah PKn sertifikasi IPS mengampu mapel IPS. apakah harus kuliah lagi jurusan IPS ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum Salam, lebih baik PPGnya yang harus diulang Ijasah PKN harus bid.sertifikasi PKN. Jika harus kuliah bid. IPS butuh waktu 4 tahun lebih. Jika sertifikasi diulang hanya 2 minggu. salam hormat.

      Delete
  25. Assalamu'alaikum Wr Wb saya guru Mi sertifikasinya guru kelas mi ijasah saya Bahasa Indonesia, apakah sudah termasuk linier ? terimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam, sertifikasi guru kelas dan ijasah B. indonesia sudah linier jangan khawatir TPPnya pasti terbayarkan asalkan dapodiknya sudah oke dan PK Guru sudah dilaksanakan dan diinput oleh pengawas sekolah. semangat ya mengajarnya. makasih

      Delete
  26. Assalamu'alaikum Wr Wb Saya Darsino Guru kelas MI Ijasah S1 BK. Sertifikasi Guru Kelas, apa sudah linier ataukah belum ? Mohon penjelasan ada juga teman- teman saya Sertifikasi Guru kelas Mi tetapi ijasah S1 PAI bagaimana pak ? terima kasih informasinya. Wassalammu 'alaikum wr wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Wr Wb, Mas Darsino sertifikasi Guru kelas, Ijasah BK linier mas, jangan cemas mas TPPnya pasti cair begitu juga temannya semua sudah linier asal Dapodiknya sudah oke dan telah melaksanakan PK guru dan hasilnya diinput oleh pengawas sekolah. salam hormat. Wass. Wr..Wb..

      Delete
  27. Assakmkm maaf ya mau ya aertifikat sy Guru tk tp ijasah sy sarjanpertanian atau nondik apakah tpp sy akan dicabut dan apakadh sy hrs kuliah pgtk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam, JJMnya kemungknan tidak diakui dan berpengaruh terhadap TPPnya, Agar linier dengan sertifikat pendidik harus mengambil kuliah pgtk agar linier. salam hormat.

      Delete
  28. Asskum. Saya ijazah geografi, sertifikat geografi, mengampu sejarah di SMK kurikulum 2013. Apakah linier & bagaimana TPG? Terimakasih atas jawaban & penjelasannya. Wassalam.

    ReplyDelete
  29. Asskum. Saya ijazah geografi, sertifikat geografi, mengampu sejarah di SMK kurikulum 2013. Apakah linier & bagaimana TPG? Terimakasih atas jawaban & penjelasannya. Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam Ibu sugiartini, Ijazah geografi, sertifikat geografi, mengampu sejarah tidak masalah Ibu kan itu sudah merupakan IPS-terpadu jangan khawatir TPG pasti cair asal dapodiknya sudah valid.

      Delete
  30. Terimakasih atas jawaban bapak, mohon maaf msh ada yg ingin sy tanyakan masalah teman sy, ijazah ekonomi, sertifikat ekonomi, mengajar kewirausahaan ktsp, skrng prakarya dan kewirausahaan SMK kurikulum 2013, pertanyaan sy sama pak, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya mata pelajaran yang diampu kewirausahaan saja di K13 agar linier dengan sertifikat pendidiknya

      Delete
  31. kalau sarjana humaniora (sastra daerah) linier sertifikasinya apa y?

    ReplyDelete
  32. kalau saya mengajar disekolah swasta, ijazah S1 pend.Sejarah , PLPG 2014, pd wkt PLPG sekolah induk saya menerapkan K13, jadi sertifikat saya Sejarah, tetapi ditahun ajaran 2014/2015 semester 2 sekolah saya balik ke KTSP 2006, sehingga sy mengajar IPS, bagaimana ini pak linier tidak, bisa dikatakan saya korban kebijakan pemerintah yg tidak tegas hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijasah S1 Pendidikan sejarah, mengajar IPS KTSP 2006 sudah linier.

      Delete
  33. SALAM. PAK SAYA IJAZAH SARJANA PENDIDIKANISLAM. SERTIFIKASI IPS.YANG DIAJAR IPS 24 JAM.TAPI BULAN JULI 2015 SAYA SIAP S-1 KULIAH EKONOMI ON LINE .BISA TETEP CAIR PAK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sertifikasi IPS. bid. studi yang diampu di sekolah IPS, Ijasah harus Program Studi IPS,

      Delete
  34. Sy S1 Akuntansi, Akta IV ekonomi, sertifikasi IPS, mengajar Kewirausahaan SMK, apakah sdh linear ?

    ReplyDelete
  35. Sy S1 Akuntansi, Akta IV ekonomi, sertifikasi IPS, mengajar Kewirausahaan SMK, apakah sdh linear ?

    ReplyDelete
  36. Saya lulusan s1-ekonomi, akta IV ekonomi untuk bisa sertifikasi sebaiknya saya ngajar apa yang selinier ya pak mengingat di smk pljran ekonomi dihapuskan serta pada kur 2013 ips jg d hapuskan. Slm ini sy mengajar ips, produktif akuntasnsi apakah selinier itu

    ReplyDelete
  37. Bapak saya mau Tanya ijazah saya ekonomi saya ngajar di sma ekonomi Dan ngampu di smk kewirausahaan.bagaimana dgn tpp nya bapak

    ReplyDelete
  38. Ibu Mala tppnya aman , ijasah dan bid.study yang diampuh di sma dan smk linier. semangat ya. salam hormat

    ReplyDelete
  39. ijazah saya S1 ekonomi / akta IV, mengajar IPS di SMP. belum sertifikasi.. namun hasi verifikasi di hapus dari calon peserta sertifikasi 2015 dengan alasan bidang studi tidak linear. kok bisa dihapus yah...setahu saya, mata pelajaran IPS di SMP itu diajarkan ekonomi. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  40. ass, ijazah saya pendidikan sejarah, sertifikat IPS, sekarang mengajar sejarah, karena d kurtilas IPS dihilangkan...bagaimana TPG saya?

    ReplyDelete
  41. ass, ijazah saya pendidikan sejarah, sertifikat IPS, sekarang mengajar sejarah, karena d kurtilas IPS dihilangkan...bagaimana TPG saya?

    ReplyDelete
  42. Ass kalau ijazah s1 pend matematika mngajar sbgai guru kelas sdah linier kah?

    ReplyDelete
  43. Ass, pa, saya sarjana ekonomi, sertifikasi akuntansi, mengajar akuntansi tapi ada masalah dengan pencairan sertifikasi katanya tidak linier? Apanya yang salah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam, Data Dapodik (PTK) sudah dicek pada Info PTK atau belum.

      Delete
  44. Ass, pa, tolong infonya, saya sarjana ekonomi, sertifikasi akuntansi, mengajar akuntansi, tapi sertifikasi tidak cair dengan alasan tidak linier?

    ReplyDelete
  45. Ass, saya lulusan cpns 2014 disekolah baru dengan ijasah pend teknik elektro(arus kuat) karena sekolah baru, saya diminta mengajar jurusan elektronika (arus lemah)yg baru dibuka, apakah ada masalah nantinya? Bagaimana nasib sertifikasi saya nantinya?dengan PpG saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam, bid. studi diajarkan masih serumpun, tak ada masalah Ibu Dwita.salam hormat

      Delete
    2. Ass klau ijazah pendidikan teknik informatika mengajar elektronika apakah ada masalah dgn plpg elektronika nantinya

      Delete
  46. Ass.wr.wb sy jurusan ekonomi sertifikasi bahasa inggris...mengajar bahasa inggris...Sy mohon infonya sy hrz ngulang plpg apa pk???bahasa inggris atau sesuai dg S1 yang sy miliki???mohon penjelasan trims

    ReplyDelete
  47. walaikumsalam, PLPG kembali, Ijasah ekonomi sertifikasi bahasa inggris tidak linier. latar belakang pendidikan (ijasah) harus linier dengan bid. sertifikasi dan bid. studi yang diajarkan di sekolah.

    ReplyDelete
  48. Assalam,,,mohon infony pak,,saya guru bahasa inggris,,,s1 jg bhasa inggris,,,
    tapi di sekolh induk,,tidak mengajar bahasa inggris,,melainkan mengajar Tik,,
    Saya memang belum sertifikasi,,sedangkan guru bahasa inggris di skolah saya ada ada 4 org yg sudh sertif rombel 20,dgn konsekuensi 1 guru hnya mndptkn 8 jam kngajr,,dan sisanya cari di skolah lain.
    yg saya mau tnyakan,,walupun saya belum sertif,,,dan mngajar mapel yg tidk linear dgn s1 saya,apakah tidk bermslah utk dapodik ataupun nantiny??saya msih mncari2 pp ttg pmbagian jjm,,saya msih bngung pak,,
    Skli lgi mhon infony pak,,teimksih,,,

    ReplyDelete
  49. Assalam,,,mohon infony pak,,saya guru bahasa inggris,,,s1 jg bhasa inggris,,,
    tapi di sekolh induk,,tidak mengajar bahasa inggris,,melainkan mengajar Tik,,
    Saya memang belum sertifikasi,,sedangkan guru bahasa inggris di skolah saya ada ada 4 org yg sudh sertif rombel 20,dgn konsekuensi 1 guru hnya mndptkn 8 jam kngajr,,dan sisanya cari di skolah lain.
    yg saya mau tnyakan,,walupun saya belum sertif,,,dan mngajar mapel yg tidk linear dgn s1 saya,apakah tidk bermslah utk dapodik ataupun nantiny??saya msih mncari2 pp ttg pmbagian jjm,,saya msih bngung pak,,
    Skli lgi mhon infony pak,,teimksih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam, akan bermasalah di dapodik untuk JJMnya karena tidak linier. mungkin harus mencari sekolah yang membutuhkan guru bahasa inggris dengan JJM 24 Jam, karena ijasah S1nya harus sesuai dengan bid.studi yang diajarkan di sekolah.

      Delete
    2. Kasus sama dpt jam inggris d smp cuma 8 jam..dan merangkap ngajar d sd bhs inggris jjm 20 jam... Kalau dapodik itu pripun???

      Delete
  50. Ass sy sudah ikut UKA jurusan Sistem Informasi mengajar bidang studi TKJ pas penempatan tempat dan waktu PLPG dan PPGJ nama sy di hapus pedoman dari buku 1.yg mau sy tanyakan jurusan sistem informasi linear dengan bidang studi apa ya pak..terima kasih..

    ReplyDelete
  51. Ass wr wb.sy seorang guru di smk pelayaran.ijasah s1 teknik mesin,sertifikat pendidik teknik mekanik otomotif,mengajar teknika kapal penangkap ikan.Apakah itu linier atau tdk.terima kasih.

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum, maaf mau nanya...saya ngajar di SMK bid studi sejarah Indonesia, sertifikat IPS, ijazah sejarah, hitungannya ga linear....trus saya tanya ke sudin jakut tempat saya katanya ga ada PLPG ulang...betul ga ya?

    ReplyDelete
  53. Ass. Salam kenal pak, saya s1 ekonomi kuntansi, sertifikat akta bidang studi akuntansi, saya mengajar mapel ips pada mts, apakah linier untuk ikut sertifikasi, bagai mana solusinya pak? Terimakasih

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum, saya s1 ekonomi akuntansi, serifikat akta bidang studi akuntansi, saya mengajar ips terpadu di mts, apakah linier untuk ikut sertifikasi. Terimakasih atas jawabn bapak

    ReplyDelete
  55. Ass wr wb.maaf bpk sy mau tanya ijasah sy s1 teknik mesin sertifikasi sy teknik otomotif krn sy brgkt dr guru yayasan.cpns ditempatkan di smk pelayaran mengajar teknika perkapalan.mohon penjelasan apakah ini linier.terima kasih

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum ww.maaf sy ggu bapak.sy S1 pendidikan kesejahteraan keluarga.sertifikat Muatan lokal umum (budaya alam minang kabau) mengajar kwu.26 jam. tapi sertifikasi saya tdk keluar sejak awal jan 2015. karna kesalahan judul sertifikat.gimana solusinya pak?saya sudah urus sampai ke pusat tp belum ada solusinya.terimakasih ats bantuannya

    ReplyDelete
  57. AssWr Wb... Apa bisa S1 IPS, Bidang Profesional IPS mengajar PKn dan Minta dikonfersi Ke PKn??? mohon Info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, Ijasah S1 IPS, bid.sertifikasi IPS, mengajarnya harus IPS .Jika yang diajar PKN tidak linier mas Nurdin.

      Delete
  58. Assalamua'laikum WR.Wb, Saya S1 Pendidikan Geografi (2002) mengajar guru kelas apakah sudah Linear Pak ?

    ReplyDelete
  59. Asswrb, Pak mau nanya : saya berijazah S1/A-IV pendidikan sejarah, sertifikasi PKn mengajar di SMK kemudian saat ini mengajar sejarah_ apakah ini linear/tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bid sertifikasinya harus IPS-sejarah bukan PKN jika ingin linier.

      Delete
  60. Saya guru SMK berijazah S1/A-IV Pendidikan Sejarah bersertifikat pendidik PKN dan pada saat ini mengampu pelajaran Sejarah Indoesia --- sudah linear/tidakkah saya?

    ReplyDelete
  61. saya s1 pendidikan matematika, mengajr sebagai guru kelas sd.. apakah bisa ikut plpg dan linear pak rahmat eddy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa PLPG dan sudah oke ( linier ) mas Andrew

      Delete
  62. Saya S1 PAI, pada sertifikasi 2015 ini saya memilih Mapel Bahasa Arab. Selama ini saya mengajar sebagai Guru Kelas. Apakah yang akan terjadi pada saya di kemudian hari? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya bid sertifikasinya Pend. Agama Islam agar linier dengan Ijasahnya Pak Imron

      Delete
  63. Saya lulusan s1 pendidikan teknik informatika mengajar di smp sertifikasi tik. Sekarang sudah pindah ke smk mengajar di elektronika bagaimana dgn sertifikasi tik saya. Klau ikut plpg ulang dgn ijazah pendidikan teknik informatika sertifikasi elektronika apakah linier atau serpun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya tetap di smp dan mengajar TIK agar tetap linier, Ibu Linda.dn TPGnya tetap terbayarkan

      Delete
  64. Saya S1 pend. Matematika. Saya mengajar sbgi guru kelas MI. Apakah saya sudah linier pak?
    D sekolah tmpt sya mengajar, guru serifikasi S1 PAI di anjurkn utk mengambil kuliah PGMI lgi. Apakah saya hrs kuliah pgmi lgi pak? Seandainya saya hrs kuliah dan sya mengmbil jursn PGSD apakah linier pak? Mengingat saya mengajar di MI (naungan depag).mohon saran dan pencerahannya ya pak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. S1 Matematika, mengajar sbg guru kelas tak masalah Ibu Reny

      Delete
  65. pa sya S1 jurusn pendidikan matematika,tpi mngjr di SD/MI apakah sddh linier?bisa ikut sertifikasi?

    ReplyDelete
  66. Pak saya kuliah di fakultas ekonomi jurusan managemen, apa saya ada kesempatan untuk bisa ngajar d sma atau sederajatnya. Kalau bisa kira" mapel apa yg harus saya persiapkan . Terimakasih

    ReplyDelete
  67. Pak saya s1 ekonomi jurusan managemen apa saya ada kesempatan ngajar sma dan sederajat. Dan d mapel apa kira"

    ReplyDelete
  68. Pak saya s1 ekonomi jurusan managemen apa saya ada kesempatan ngajar sma dan sederajat. Dan d mapel apa kira"

    ReplyDelete
  69. Ass.. Pak teman saya mengajr di MI sbg guru kelas dgn ltr belakang pndidikan S1 sastra arab. Jika skrg dia ambil kuliah PGSD apakh nantinya tdk mnjd masalah? Ketika mngikuti sergur..

    ReplyDelete
  70. Aslkm.....slm knl pak....sy guru b.inggris SD.ijasah S1.b.inggris.....dua thn yg lalu jd guru kls....skrg kmbl lg guru b.ingris kls 4-6 msg2 sebanyak 4 jam jd 12 jam dan 12 jam lg guru b.daerah....utk kls 1-3 msg2 sebanya 4 jam tiap kls jg...apa sdh linier dan bs serti pak?

    ReplyDelete
  71. As. Pak saya ijasah ekonomi sertifikasi ekonomi. Saya mengajar dismk mapel apa yg linier? Karena dismk tidak ada mapel ekonomi..mohon solusinya

    ReplyDelete
  72. Saya guru sejarah smk menerapkan kurtilas ijasah s1sejarah bidang study sertufikasi ips mengapa tunjangan saya tidak keluar apa tidak linear

    ReplyDelete
  73. Salam Bapak,saya S1 Bahasa Indonesia, Sertifikasi Guru Kelas,Mapel diampu Guru Kelas. TPP lancar sampai triwulan terakhir 2015 kemaren. Apakah saya harus kuliah penyetaraan lagi? Apa ijazah penyetaraan nantinya bisa dipakai untuk melamar CPNS guru SD ?

    ReplyDelete
  74. Ijasah saya sejarah sertifikat saya ips sekarang ngajar sejarah kurtilas kok sertifikasi ndak bisa cair

    ReplyDelete
  75. Asslkm sy S1 Bk srtfksi sbg gr kelas tk apa hrs mengikuti srtfksi ulang?trmksh

    ReplyDelete
  76. Asslkm sy S1 Bk srtfksi sbg gr kelas tk apa hrs mengikuti srtfksi ulang?trmksh

    ReplyDelete
  77. Assalamualaikum, maaf mau nanya...saya ngajar di SMK bid studi sejarah Indonesia, sertifikat IPS, ijazah sejarah, hitungannya ga linear....trus saya tanya ke sudin jakut tempat saya katanya ga ada PLPG ulang...betul ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wlkm Salam, Ijasah, bid. studi diampu, dan bid.sertifkasi sudah Okey. Untuk JJMnya apakah liner mohon dicek kembali di Operator Dapodik disekolah, mungkn salah mengnetri Bid, studi yg diajar, sehingga bermasalah.

      Delete
  78. Asalmkm... pak, sy Sarjana hukum+akta IV mengajar dr 2015 mapel PKn, sudah sertfkasi 2th yg lalu, pencairan lancar, tp sy hawatir ttg linier.. gmna ya.. mhon info nya.. trmks

    ReplyDelete
  79. ASSALAMUALAIKUM,,WARAHMATULLAHI ... WABARAKATUH
    Pak, di Sekolah saya ( SD kurikulum KTSP ) Kepala Sekolah Sertifikat Pendidiknya PKn, bagaimana caranya agar sertifikasinya bisa cair dan tidak bermasalah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wlkm Salam, kurikulum di dapodik Diisi KTSP masukkan Tugas tambahan Kepsek 18 jam, sesuai SK pengangkatan. JJM dikelas 6 jam untuk bid. PKN.total 24 jam

      Delete
  80. Asalmkm...saya guru smk mengajar fisika hanya 9 jam dan mata pelajaran tambahan mulok dan matematika agar memenuhi 24 jam.saya tahun ini ikut plpg.apakah natinya serti saya aman.apakah benar jjm mengajar fisika 918 harus 12 jam dan boleh tambahan mapel yang lain?mapel apa saja yang boleh ditambah/linier dengan fisika pak.mohon di bantu,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijasah latar pendidikan harus sesuai dengan bid, studi yang diajarkan disekolah jjm 24 dan jika ingin sertifikasi harus sesuai dengan ijasah S1 dan bid. studi yg diampu disekolah. jika ijasah S1 fisiska/ Akta IV harus mengajar fisika dan bid.sertifikasi fisika agar linier

      Delete
  81. malam pak...teman saya guru penjas smp hanya mengajar 18 jam.bolehkah mengajar di sd dan di smk untukmemenuhi jjm 24 lagi.Harap di bantu terimakasih

    ReplyDelete
  82. Ass. Pa mau nanya di ijazah sy jurusanya IPS trs prodinya ekonomi, sy mengajar d SMKN yg sdh menerapkan kurtilas mata pelajaran yg sy ampu skrg sejarah indonesia, itu linier tidak?
    trs seandainya mata pelajaran yg d ampunya prakarya dan kwirausahaan itu linier tdk dgn latarbelakan pndidikan sy?
    Trims

    ReplyDelete
  83. ass.pak saya jurusan s1 pend.teknik mesin dan mengajar teknik sepeda motor, apakah jurusan sertifikasinya nanti sudah linear pak?sblmnya trmksh pak

    ReplyDelete
  84. Asslamamualaikum

    Saya ijazah manajemen pendidikan + akta iv.
    Di smk bisa ngajar apa ya untuk sertifikasi?

    ReplyDelete
  85. Ass...pk mau tanya dulu ijazah d2 saya pai dan mengajar pai setelh itu S1 pgsd masih tetap mengajar pai apakah jurusan sertifikasinya nanti sudah linier atau tdk..

    ReplyDelete
  86. Ass...bpk sy mau tanya dulu d2 sy jrsn pai sd dn sampe sekrng masih mengajar pai setelah itu S1 nya jrsn pgsd dn masih mengajar pai,apkh jurusn sertifikasinya nanti sudah linier pak.

    ReplyDelete
  87. As.pk..mau tanya sya sertifikasi ekonomi..s1ekonomi...Sy GTY wakil kepala sekolah tambahn mengajar akuntansi 12 jm...kira2 linierkah... karna di smk tidak ada mapel ekonomi...trim...ats jawabanya...

    ReplyDelete
  88. Assalam mu'alaikum wr wb, maaf Pak Rahmat Eddy, hari Rabu (26 Agustus 2015) yang lalu saya guru Ekonomi SMA yang di mutasi ke SMK karena pemerataan guru dan sudah sertifikasi BS Ekonomi, di SMK saya mengajar Mata Pelajaran Pengantar Ekon & Bisnis & produktif pemasaran. Dan ternyata SKTP saya utk Triwulan 1 & 2 tidak keluar, saya sudah berusaha konsultasi dan koordinasi data di Kemdikbud PT2 Pendidikan Menengah Jakarta, namun tidak memperoleh hasil apa-apa alias gagal total. Untuk mutasi lagi ke SMA tidak memungkinkan karena guru ekonomi SMA juga berebut JJM.Bagaimana solusinya Pak Rahmat.Tolong di bantu mencarikan solusinya, terima kasih sebelumnya. Wassalam mu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum Salam Pak Winarno, mungkin lebih proaktif sendiri mencari sekolah SMA yang masih membutuhkan tenaga guru BS Ekonomi. jika sudah mendapatkannya, diinformasikan ke dinas pendidikan setempat.Salam hormat.

      Delete
  89. Saya guru honor di sd pak. Mengajar bahasa inggris, tapi saya lulusan s1 sastra inggris. Bisakah saya dingkt jadi cpns?

    ReplyDelete
  90. As pak saya adlh guru honor sd, mengajar bahasa inggris, tapi saya lulusan s1 sastra inggris. Bisakah saya diangkt jadi cpns pak? Trima kasih

    ReplyDelete
  91. As pak saya adlh guru honor sd, mengajar bahasa inggris, tapi saya lulusan s1 sastra inggris. Bisakah saya diangkt jadi cpns pak? Trima kasih

    ReplyDelete
  92. Saya guru honor di sd pak. Mngajar b. Inggris, tpi saya lulusan s1 sastra inggris. Bisakah saya jdi cpns pak? Trimakasih

    ReplyDelete
  93. Saya Guru Bimbingan Konseling, Bidang studi sertifikasi Bimbingan Konseling tapi ijasah saya Ekonomi Manajemen, nanti gmn dgn TPP saya?

    ReplyDelete
  94. assalamualaikum pak
    saya mau bertanya saya lulusan jurusan pendidikan administrasi perkantoran, waktu tes PNS saya tesnya atas jurusan ini dan ketika sampai di tempat tugas tidak ada jurusan adm perkantorannya jadi saya mengajar PKN , kira kira apa yang harus saya lakukan pak? pindah sekolah atau tetap mengajar PKN walaupun jurusan saya pendidikan administrasi perkantoran. terimaksih banyak pak atas bantuannya

    ReplyDelete
  95. assamualakum pak.saya sertifikasi bahasa inggris mengajar di sd tapi sekarang tidak linier lagi.apakah saya bisa menjadi guru kelas atau bagaiman solusinya pak mohon pencerahan terima kasih wassalam

    ReplyDelete
  96. assalamualaikum pak.Saya guru sertifikasi bahasa inggris mengajar di SD,tapi sekarang tidak linier.Bisakah saya pindah menjadi guru kelas?Mohon solusinya dan terima kasih

    ReplyDelete
  97. ijazah saya PGSD tp dpt sertifikasi di TK krn memang mengajarnya di TK, apa saya harus kuliah lg utk tetap mendapatkan TPP?

    ReplyDelete
  98. ijazah saya PGSD tp dpt sertifikasi di TK krn memang mengajarnya di TK, apa saya harus kuliah lg utk tetap mendapatkan TPP?

    ReplyDelete
  99. Saya S1kehutanan dan mengambil akta 4 kimia.Saat ini mengajar di SMP.Apakah sudah liner?jika tidak.liner bgm solusinya?terima kasih pak.

    ReplyDelete
  100. Selamat siang pak, saya guru DPK kemenag mengajar Agama dan Bahasa Inggris di SD Negeri. Belum Belum S-1 Agama, tapi memiliki S-1 Bahasa Inggris 1995. Apakah saya bisa mutasi dari kemenag ke Diknas? bagaimana solusinya. Saya belum sertifikasi. Masa kerja udah 15 tahun usia 50 tahun ..mohon solusinya dan terimakasih.

    ReplyDelete
  101. Assalamu'alaikum. Wr. Wb. pak saya guru sd sertifikasi guru kelas, tapi ijazah saya bahasa inggris. apakah saya harus kuliah lagi ngambil PGSD. untuk mendapatkan TPP. waktu saya ngikuiti sertifikasi 2012 awal dartaf sebagai guru bahasa Inggris, tetapi saat mengikuti UKA ternyata pada H-nya saya ikut guru kelas itu semua kan diatas yang ngaturnya, tapi sekarang ada lagi isu tidak ijazah dengan sertifikat dibilang tidak liner. sungguh membingungkan bagi saya kalau saya harus kuliah lagi di PGSD. sementara sekarang saya sedang ngikuti kuliah S.2 pada program studi Teknolgi Pembelajaran. saya mohon pencerahan apa yang harus saya lakukan. terimakasih.

    ReplyDelete
  102. ssaya mau tanya : saya guru SMP swasta ijazah s1 BK , sudah lulus sertifikasi BK jg , tunjangan sertifikasi lancar ;namun semester depan sesuai perintah yayasan,saya akan dipindah di SD, mengajar BK di SD jg.., bagaimana dengan tunjangan sertfikasi saya, apakah masih bisa terima, sedangkan untuk layanan BK di SD setau saya belum ada.., mohon informasi dan pencerahannya. Nuhun

    ReplyDelete
  103. PAK SAYA GURU SD PENDIDIKAN S1 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA TELAH BERSETIFIKASI GURU SD. LINIER TIDAK, ATAU PERLUKAN MELANJUTKAN KE PGSD? SEDANGKAN UMUR SAYA SEKARANG 51 TAHUN, BAGAIMANA DENGAN TPGNYA DAPAT TIDAK. (AMUNG DI BANDUNG)

    ReplyDelete
  104. assalamualaikum bapak, saya CPNS dengan ijazah jurusan Manajemen Informatika dan disekolah saya mengajar IPA dan saat ini saya telah berijasah S-1 Pendidikan Biologi tapi SK Fungsional belum keluar. Di Info GTK saya mengajar tidak linier. Mohon pencerahan pak,,,ada nggak solusinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  105. Pak saya GTY sudah sertifikasi b.jepang. Ijazah saya jg s1 penfidikan bhs jepang. Masalahnya saya mengajar 2 mata pelajaran. Bahasa jepang 24 jam di sma swasta dan mandarin 10 jam DI SMA negeri. Bagaimana apa bisa tetap cair sertifikasi saya. Terima kasih

    ReplyDelete
  106. Pak saya GTY sdh sertifikasi b.inggris. ijazah s1 saya jg pend bhs inggris. Masalahnya saya mengajar 2 mapel. Bhs inggris 24 jam di sma swasta skolah induk dan mandarin 10 jam di sma negeri. Apakah sertifikasi saya tetap bisa pak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  107. selamat malam. sya S1 dri jurusan pendidikan ekonomi, jurusan akuntansi dan mengajar di smp. skarang saya mngajar mulok. jika suatu saat saya mendapat mata pelajaran ips apakah ijazah saya dan mapel ips di smp linear? mohon jawabannya/

    ReplyDelete
  108. selamat malam. Ijaszah S1 saya adalh pend. IPS jurusan akuntansi. sekarang saya mngajar di smp mapel yang di ampuh adalah mulok. jika saya mendapat mapel ips terpadu di semester depan, apakah ips terpadu linear dengan ijazah si saya? mohon jawabannya

    ReplyDelete
  109. Assalamualaikum, mohon maaf , mau tanya pak, saya s 1 pendidikan matematika, sertifikat pendidik fisika, mengajar juga fisika, tpp cair ga ada masalah, misalnya mau ikut cpns pakai ijazah atau sertifikat pendidik? Terimakasih

    ReplyDelete
  110. Assalamua'alaikum pak, saya sertifikasi tik th 2012, mutasi ke SMK ampu mapel pemasaran. S1 sy ekonomi, apa sertifikasi sy bisa cair pak mrt SKB 5 menter. Makasih jawabannya. Salam.

    ReplyDelete
  111. Saya lulusan S.1 Sejarah sertifikasi Pkn, mengajar PKn dan TPG selalu cair tapi apa harus PLPG? kasus di Kab.Ciamis berdasarkan analisis pemetaan guru dari guru mapel PKn sejumlah 154 hanya 52 yg berijazah PKn, sedang kan mapel IPS berbanding terbalik, sehingga klw kembali ke IPS ke sekolah mana harus mengajar. apa ada solusinya? (apa mutasi ke kabupaten lain, Pensiun muda)

    ReplyDelete
  112. saya lulusan S.1 Sejarah, mengajar PKn sertifikasi PKn linear atau PLPG ulang?, kasus di kab. Ciamis berdasarkan hasil pemetaaln guru SMP guru Pkn dari 156 org yg lulusan PKn hanya 52 org dan sdh tersetifikasi 138 org . dan ini berbanding terbalik dengan mapel IPS yang kelebihan guru. apabila saya mengikuti PLPG ulang ke IPS sesuai dg Ijazah tak ada satupun SMP di kab.Ciamis yang bisa menampung jampel tuk IPS, adakah solusinya ?(pengsiun kah atau mutasi ke kab lain)

    ReplyDelete
  113. Assalamualaikum. Saya mau nanya saya lulusan s1psikologi mengajar jdi guru bk saya tidk memiliki akta 4. saya mau bikin nuptk..yg jdi pertanyaan saya apakah linier? Dan apa ketika nanti saya bikin nuptk bermasalah.bagaimana dengan sertifikasinya?trims...

    ReplyDelete
  114. pak mohon pencerahannya pak?
    pak jika ada Guru A S1 pendidikan Ekonomi, dan dia mengajar IPS terpadu di SMP, Mengajar Geografi dan Sejarah di jenjang SMA, kemudian mengajar mapel IPS di SMK, yang sebaiknya dilakukan guru tersebut konsentrasi di mapel mana dan sertifikasinya ambil di mapel n jenjang mana ya pak, biasa pak nyari jam susah, terima kasih pak sebelumnya

    ReplyDelete
  115. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  116. ass, saya lulusan S1ekonomi manajemen,mengajar di SD, sdh mempunyai NUPTK, dan berijazah AKTA IV, apakah saya linier? bagaimana caranya agar saya bisa mendapat sertifikasi..?

    ReplyDelete
  117. Pak mau nanya saya ijazahnya S1 Ekonomi (program studi akuntansi),sertifikat pendidik akuntansi,mengampu mapel ekonomi. Apakah msh linier? Krn ktnya tdk linier? Mhn solusinya

    ReplyDelete
  118. Asslm. Pak ijazah sy ekonomi/ akuntansi. Sertifikat pndidik akuntansi, mengampu mapel ekonomi sma. Apakah sdh linier? Krn datanya sy tdk linier krn beda kode mapel antara akuntansi (sertikat pndidik) dgn ekonomi ( mapel yg diampu) ?

    ReplyDelete
  119. Assalaamu Alaikum Wr. Wb.
    Saya lulusan Pendidikan Bahasa Arab Tahun 1998, kemudian mulai tahun 2004 saya sdh mulai mengajar Mapel TIK. Tahun 2007 saya ikut sertifikasi jalur portofolio bid. studi TIK dan LULUS PLPG tahun 2008, tapi di sertifikat profesi saya tercantum mapel MULOK bukan TIK. setelah saya konfirmasi ke Rayon penyelenggara katanya mengajar saja pada mapel TIK karena semua berkas sertifikasi adalah Mapel TIK kemudian ikut PLPG pada mapel TIK juga, jadi sampai sekarang saya tetap mengajar TIK pada MTs, kebetulan saya dari instansi KEMENAG. Mohon solusi dan informasinya pak....wassalam

    ReplyDelete
  120. Assalamualaikum saya adalah guru di SD(Sekolah Dasar) sudah mengabdi mulai thn 2004. Selama ini saya mngajar sebagai guru kelas. Cuma ijazah saya PGSD/MI (D2). Apakah boleh kalau ijazah PGSD/MI bisa mengajar sebagai guru kelas ?

    ReplyDelete
  121. assalamu 'alaikum wr.wb. pak saya mau tanya ijazah saya teknik mesin, sertifikasi gambar mesin, mengajar teknik las apakah linier pak untuk guru sertifikasi?

    ReplyDelete
  122. assalamu'alaikum wr.wb. saya mau bertanya pak, ijazah saya pend. teknik mesin, sertifikasi saya gambar mesin, mengajar teknik las, apakah hal ini linier pak?

    ReplyDelete
  123. saya guru di smk tehnologi , mengajar prakarya dan kwu, sertifikat pendidik saya sesuai ijazah adm perkantoran ( masih rumpun ekonomi/ dunia usaha), apakah linear? bs kah saya menerima TPP?

    ReplyDelete
  124. saya guru smk tehnologi, mengajar prakarya dan kwu, saya baru menerima sertifikat pendidik bidang studi adm perkantoran linear dengan ijazah S1 saya, apakah saya bisa menerima TPP

    ReplyDelete
  125. salam ..gimana nich ..kalau kepala perputakaan dan kepala lab. tidak diakui???

    ReplyDelete
  126. salam,mohon pencerahan, saya lulusan IAIN fakultas Tarbiyah jurusan pendidikan Bahasa Arab lulus th 2005, mulai tahun 2009 menjadi guru honor di Smk bidang study yg diajar adalah Pendidikan Agama Islam, tentu tdk linear, lalu bagaimana agar saya bisa sertfksi PAI ,agar masa honor saya tdk sia-sia ?

    ReplyDelete
  127. Pak, mohon infonya saya S1 Antropologi Sosial mengajar Mapel Sosiologi dan bidang sertifikasi saya Sosiologi. Apakah linear atau tidak Pak?

    ReplyDelete
  128. Assalamualaikum Pak. Saya mngjr di mts dan man, Pada Thn 2009 Saya honorer di mts(smp) dan ikut plpg sertifikasi jurusan IPA. Thn 2011 Saya Jadi pns di man dan mengajar biologi sesuai dg S1 Saya yaitu P.Biologi.nah utk memenuhi 24 jam saya kembali mengajar di smp mata pelajaran ipa. Jadi kekurangan jam biologi di man(sma) Saya tambah dengan mengajar ipa di mts(smp). Pertanyaannya Apakah linier pak dengan ijazah S1 Saya p.biologi tapi di smp ngajar ipa dan di SMA ngajar biologi. Kasus Saya ini bagaimana pak, krna Saya mo ikut plpg ambil biologi tdk diperbolehkan. Saya harus bagaimana pak

    ReplyDelete
  129. Mhn mf pk, sy mengajar PAI, sertifikat saya mapel fiqhi dan S1 saya Syariah plus Akta IV PAI. Apakah dianggap linier n bisa cair TPPnya? Mksih infonya.

    ReplyDelete
  130. Ass. Sy alumni s1 pendidikan ekonomi koperasi, mengajar mp ips terpadu di smp. Menurut LPMP tidak linear sehingga tdk bs ikut diklat plpg. Tp senior sy di tahun lalu masih bs, apakah ada aturan baru skrg?

    ReplyDelete
  131. bsa gak pak. ngajar mata pelajaran lain selain mata pelajaran yang di ampu agar bsa mndapat jumlah jam 24, untuk SMA...? mohon infonya pak

    ReplyDelete
  132. asslmlkm,apakah di tahun 2016 ada sertifikasi ke 2 bagi yang tak linier pak?kalau ada saya tentu ikut lagi,trims mohon balasan

    ReplyDelete
  133. Pak sy guru sertifikasi mapel mtk di mts swasta, kemudian mau mutasi ke sma swasta. Apakah sertifikasi saya msh bisa dilanjutkan setelah saya mutasi nanti?

    ReplyDelete
  134. tanya pak....saya guru sertifikasi kewirausahaan(mapel ktsp) dan mengajar prakarya&kewirausahaan di sekolah k13.
    apakah mapel tsb linier ?

    ReplyDelete
  135. Saya guru sd, sudah sertifikasi dgn ijazah s1 bhs indonesia, tpi harus pindah ke TK Karna pengangkatan cpns menggunakan ijazah PJTK, bagaimana dgn sertifikasi saya, apakah harus plpg ulang ? Tolong infonya pak. Makasih

    ReplyDelete
  136. Saya ngajar di tk, sudah sertifikasi, ijazah s1 bahasa indonesia, sudah linearkah pak ?

    ReplyDelete
  137. Pagi pak, bagaimana jika tidak linier karna sertifikasi smp kemudian pindah k sma, keterangan d info gtk tidak linier, bagaimana solusinya? trimakasih

    ReplyDelete
  138. syarat administrasi dan syarat teknis terpenuhi mengajar 24 jam kok yang linear bisa berubah-ubah, pertama 0 jam , menjadi 8 jam , berubah lagi menjadi 18 jam dan beberapa hari menjadi 0 jam lagi sekarang saya buka 8 jam lagi dan tidak berubah lagi

    ReplyDelete
  139. Saya ngajar SD,ijasah sy S1 PAI. sy ambil guru kelas. Sdh linear kah?

    ReplyDelete
  140. Assalamu alaikum wr.wb. Pak, saya sarjana Pend.Seni Rupa. Lulus sertifikasi dgn Mapel Desain dan produksi Kriya Kayu di SMK. Kemudian dimutasi ke SMA dan mengajar Seni Budaya. Apa yg saya ajarkan di SMK ada kesamaan dgn yg saya ajarkan di SMA, misalnya, seni lukis,seni ukir, patung,bedanya di SMK banyak praktek dan mengarah ke pembuatan produk. Apakah ini linear Pak ?

    ReplyDelete
  141. asslmkm pak, bagaimana cara memasukan No. rekening pada aplikasi dapodikmen?
    dan mapel apasaja kah yang linear dengan ekonomi?
    trimakasih pak, mohon solusinya....

    ReplyDelete
  142. Assalamualaikum wr.wb. saya sarjana pendidikan geografi, mengajar di sma. Sertifikasi mapel geografi. karena kekurangan jam maka saya mengajar sejarah. Dengan komposisi geografi 16 dan sejarah 8 jam. Dan saya juga mengajar di sma swasta mapel geografi 7 jam. Menurut bapak apakah TPP saya akan dapat?

    ReplyDelete
  143. Lewat media ini saya mau bertanya...bisakah saya pindah dari guru mata pelajaran agama islam ke guru kelas? Alasann sy mau pindah ke guru kelas krn sy selesaikan s1 PGSD di UT...sementara sy diangkat jadi guru drngan ijazah D II PGSDI sebagai guru PAI..mohon penjelasannya admin

    ReplyDelete
  144. Assalamualaikum wr.wb..
    izin bertanya pak admin...
    saya mengajar di smk bidang study ips..sertifikasi saya sejarah sesuai dengan ijazah yang saya miliki..bagaimana solusi untuk linear mapel ips dengan sertifikat sejarah yang saya miliki agar supaya dapat valid di data depodik...???
    mohon solusinya pak admin..

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih..

    ReplyDelete
  145. assalamualaikum wr.wb.
    izin bertanya pak...
    saya mengajar di smk mapel ips masih menggunakan kurikulum 2006, sementara sertifikasi saya mapel sejarah sesuai dengan ijazah yang saya miliki...yang mau saya tanyakan pak..bagaimana solusi mengatasi masalah linear mapel ips dengan sertifat sejarah yang saya miliki di depodik..sedangkan di smk pelajaran sejarah tidak ada..mohon solusinya pak admin...
    atas perhatian bapak saya ucapkan terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak saya Pak..
      Saya ijazah biologi srtifikat biologi tapi mngajar IPA d SMK

      Delete
  146. Assalamualaikum. Sy berijazah Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Yogyakarta. Sertifikasi saya B.Indo (karena tdk.ada pilihan Bhs.dan Sastra Indonesia saat dulu mengisi). Skrg mengajar di SMA mapel Bhs.Indonesia (kode 156) 21 jam dan Sastra Indonesia (kode 177) 4 jam di kelas Bahasa. Nah, yang 4 jam ini dianggap tdk linier. Bagaimana solusinya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  147. asslkm,,saya blm sertifkasi ,,,ijazah saya s1,ekonomi tp saya mengajar SBK...APakah saya harus kulyah lg

    ReplyDelete
  148. Assww. mhn izin bertanya Pak
    saya mengajar di SMK mapel Fisika dan IPA masih memakai kurikulum 2006,ijazah yg saya miliki S1 Pertanian.dan telah memiliki sertifikat AKTA IV 2011. saya tlh lulus UKG Fisika tahun 2015. Untuk mengajukan sertifikasi apakah sudah linier atau belum? klu blm sebaiknya saya mengajar mapel apa?

    ReplyDelete
  149. Assww...
    mhn jawabannya Pak..
    saya S1 Pertanian, punya AKTA IV th 2011.mengajar mapel Fisika dan IPA di SMK sejak th 2010 s.d. skrg..lulus ukg fisika th 2015.yang sy tanyakan apakah mapel yang sy ampu sudah linier atau belum untuk mengajukan sertifikasi? klu belum maka bgmn solusinya. atas perhatiannya sy ucapkan trima kasih

    ReplyDelete
  150. assalamualikum
    izin tanya..
    saya ngajar IPS terpadu SMK dan sertivikasi IPS terpadu,beban mengajar 18 jam, karna kekurangan jam,saya juga ngajar kewirausahaan untuk memenuhi jumlah jam mengajar. apakah kewirausahaan linear dengan ips?? dan dapat digunakan utk memenuhi jumlah jam mengajar??mohon penjelasannya..Thx,

    ReplyDelete
  151. Izin bertanya pak.
    Ijazah saya biologi sertifikat pend juga biologi tapi say mengajar IPA d SMK teknologi, apakah itu linear??
    Apakah saya harus ikut srtifikasi lagi?
    Makasih

    ReplyDelete
  152. pak mau tanya,
    saya ijazah ekonomi dan sertifikasi ekonomi , linernya saya apa pak ,mengajar di smk pakai ktsp , terima kasih

    ReplyDelete