info,pendidikan,sertifikasi,dapodik,guru,cpns,honorer,Tunjangan Profesi: Cara dan Syarat Cetak S25a Untuk Keaktifan PTK/Sekolah

Saturday, February 7, 2015

Cara dan Syarat Cetak S25a Untuk Keaktifan PTK/Sekolah | info,pendidikan,sertifikasi,dapodik,guru,cpns,honorer,Tunjangan Profesi

Cara dan Syarat Cetak S25a Untuk Keaktifan PTK/Sekolah

Cetak S25a Sebagai syarat utama proses Keatifan PTK secara kolektif, dimana isian jadwal mingguan sebagai dasar diterbitkannya surat ajuan keaktifan kolektif PTK oleh kepala sekolah ( s25a) yang akan dirilis 23 Februari 2015 nanti. Bila admin dinas telah menyetujui (S25b) maka setiap PTK di sekolah tersebut diizinkan oleh sistem untuk cetak kartu digital masing-masing untuk semester genap (2) TP 2014/2015. ( Baca Juga Cara Cetak Ajuan Kolektif PTK (S25a) Oleh Kepala Sekolah ) 

Dari persetujuan Admin Dinas (S25b) maka sistem otomasi mencatatkan riwayat mengajar di portofolio para pendidik (guru) sesuai dengan jadwal mengajar di sekolah tersebut. Dengan demikian maka setiap Pendidik (guru) tidak perlu lagi mengisi riwayat mengajar di menu portofolio secara pengakuan manual baik untuk sekolah induk maupun non induk lokasi bertugasnya. 
S25a dan S25b juga untuk membantu pelaporan kondisi data pengajaran Pendidik (Guru) di setiap sekolah ke pihak Dinas pada semester aktif yang lebih valid sesuai kondisi sebenarnya.
Berkenaan dengan hal tersebut, dalam proses isian jadwal dimaksud (terkait dengan S25a dan S25b), harap diperhatikan kelengkapan data-data pendukung sebagai berikut:
a. Data Siswa

Harap dilengkapi data individu siswa di setiap tingkat, data siswa ini juga harus didaftarkan di setiap rombel/kelas yang aktif, karena data siswa akan menjadi perhitungan otomatis sistem untuk melaporkan rasio guru:siswa dan rombel:siswa yang tercetak di S25a dan S25b. 
b. Data Rombel/Kelas

Harap dilengkapi data rombel/kelas setiap tingkat, data rombel/kelas ini menjadi dasar entri jadwal pengajaran mingguan di setiap rombel/kelas dan otomasi perhitungan rasio rombel:siswa dan rasion guru:siswa yang tercetak di S25a dan S25b.
c. Data Kurikulum 

Padamu Negeri menyediakan master data kurikulum terpusat baik berbasis KTSP maupun K-13 berdasarkan standar kode mapel program sertifikasi guru periode 2015 (Sumber: Lampiran pada Buku 1 Pedoman Sertifikasi Guru 2015). Untuk itu pastikan melakukan sinkronisasi kurikulum sesuai panduan di sistem. Sekolah berhak menentukan penerapan kurikulum per tingkat yang berdampak terhadap daftar mapel yang disediakan oleh sistem saat melengkapi Jadwal Pembelajaran Mingguan di setiap Kelas/Rombel dalam satu tingkat.
d. Data Jadwal Pembelajaran Manual
Harap disiapkan Jadwal Pembelajaran Mingguan di setiap Rombel/Kelas yang berlaku dan telah ditetapkan oleh Kepala Sekolah sebelumnya sebagai dasar entri Jadwal Pembelajaran di Padamu Negeri. Padamu Negeri akan membantu proses validitas alokasi waktu mengajar para pendidik (guru) agar terjamin tidak terjadi bentrokan jadwal. ( BACA JUGA Cara Edit Jadwal Mingguan, Kurikulum, Data guru yang sudah Diverval (S25b) )

Cara Mengisi Jadwal Kelas Mingguan di Padamu Negeri Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Login ke akun Padamu Negeri dengan ID yang ditunjuk sebagai admin sekolah.
  • Isi kuisioner sampai selesai.


  • Pada Dasbord klik "Padamu Sekolah".

  • Pilih tab "Sekolah", klik "Jadwal". Kemudian pilih "Kelola Model Untuk Jadwal Kelas"


  • Klik "Buat Model Baru"

  • Masukan Nama Model, waktu mulai, jumlah jam perhari, durasi perjam, dan hari libur, kemudian simpan.
  • Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Edit kotak seperti Upacara, belajar mengajar, dll. Jika tidak bisa diedit silahkan refresh browser atau dengan menekan tombol F5. Setelah itu bisa diedit kembali.

  • Untuk mengedit jam langkahnya seperti ini




  • Setelah diedit maka hasilnya akan sesuai dengan jadwal kelas yang anda miliki. Isi semua sampai selesai.
  • Untuk mengisi mapel masuk ke dasbord. Pilih tab "sekolah" - jadwal - klik "lihat jadwal mingguan".

  • Pilih Kelas

  • Pilih kelas yang akan diisi jadwal mingguannya

  • Klik gambar gigi roda yang ada di sebelah kanan sesuai anak panah, maka kotak isian akan muncul. 


  • Klik kotak, kemudian isikan kegiatan, seperti durasi kegiatan,mapel serta nama guru kelas.

  • Maka hasilnya akan seperti ini

  • Untuk menghapus kolom ( misalnya di kolom bawah tersisa kotak yang sudah terlanjur diisi. cara menghapusnya sebagai berikut :


SILAHKAN DI KLIK PANDUAN : CARA CETAK AJUAN KOLEKTIF PTK (S25a) OLEH KEPALA SEKOLAH
 
Khusus untuk pengelolaan jadwal pengajaran kelas dapat mulai dipelajari panduannya di: 
Demikian cara mengisi jadwal mingguan Padamu Negeri 2015  kaitannya dengan JJM guru sebagai acuan pengaktifan PTK pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Semoga bermanfaat.
Note :

JADWAL FITUR BARU YANG AKAN RILIS DI PADAMU NEGERI PADA BULAN FEBRUARI 2015 

Jadwal rilis lengkapnya sebagai berikut:
1. Rilis 2 Februari 2015
+ Pengelolaan Jadwal Pengajaran Kelas
+ Kuisoner Literasi TI bagi Guru
+ Ajuan NUPTK Baru (S06)
+ Registrasi PTK Baru (A05/A06)
2. Rilis 9 Februari 2015
+ Pemutakhiran profil sekolah 
+ Pemutakhiran sekolah wilayah 3T
+ Pemutakhiran status sekolah inti/gugus KKG/MGMP
+ Pemutakhiran status sekolah inklusi
+ Pemutakhiran koordinat lokasi sekolah
3. Rilis 16 Februari 2015
+ Registrasi Ulang Sertifikasi Guru
+ Verval NRG
+ Rekonsiliasi NPSN PDSP
+ EDS Lanjutan
+ PKG Lanjutan
4. Rilis 23 Februari 2015
+ Ajuan Keaktifan Kolektif oleh Kepala Sekolah
+ Kuisoner Literasi TI bagi Kepala Sekolah dan Pengawas
+ Cetak Kartu Digital PTK Semester Genap TP. 2014/2015 

( BACA JUGA CARA INPUT NILAI PKG SIM DAPODIK 2015 ),
( SK Tunjangan Profesi (SKTP) Telah Terbit Per 30 Maret 2015 )

Sumber : BPSDMPK PMP Kemdikbud

42 comments :

  1. terima kasih infonya mas, sekarang saya sudah tau

    ReplyDelete
  2. Iya terima kasih kembali, jika ada info baru beri tau kami juga ya..

    ReplyDelete
  3. bagaimana cara mencetak S25a nya tersebut....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cetak S25a yang direncanakan 23/02/2015 diundur ke 01/03/2015 sesuai jadwal perubahan bersumber dari Adm. Padamu Negeri. Jika fitur cetak sudah tersedia di Log in setiap Kepala sekolah Insya Allah akan kami sharing cara cetak S25a. Mohon Sobat Ainun juga sharing ya jika ada info terbaru. salam persahabatan.

      Delete
  4. maaf mas rahmat ni dah tanggal 2 di akun kepsek belum ada, apa betul? suwun

    ReplyDelete
  5. Iya mas, saya juga lagi nunggu.. kita sama-sama nunggu,salam hormat

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Fitur Cetak S25a sampai saat ini belum juga ada di akun kepala sekolah, sesuai jadwal revisi agenda padamu negeri smt.2 Th 2015 rencananya 01/03/2015 tapi sampai saat ini belum juga tampak. Mohon shering infonya juga mas.. kalau fiturnya sudah dirilis insyaAllah Kita shering bersama-sama cara cetak S25a. salam hormat.

      Delete
  7. Maksih infonya mas,, saya unggu kbr berikutnya

    ReplyDelete
  8. Nunggu terpidana Bali Nine dieksekusi ni br kelar kayaknya

    ReplyDelete
  9. maaf pak mau tanya..ini sudah tanggal 5 apakah S25a msih blum bisa ya pak..mohon infon dan pencerahannya pak terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Status keaktifan cetak S25a dari akun kepsek sampai saat ini belum ada , mohon info dan bantuannya juga mas... kalau sudah ada diberitau ya ke kami. salam hormat.

      Delete
  10. ini sudah tanggal 9 koq belum juga muncul s25a. benarkah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah jika tidak ada penundaan rencananya senin 16 Maret 2015. silahkan cek pengumuman jadwal rilisnya di padamu.siap.web.id (login Padamu Negeri )

      Delete
  11. Pak Ramat Eddy, saya mau berntanya benarkah sampai dengan tanggal 9 Maret 2015, surat s25a belum juga nampak di akun kepsek?http://smpn6jpr.blogspot.com/logout?d=http://www.blogger.com/logout-redirect.g?blogID%3D5865695968863303683%26postID%3D8456296080885587741

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah jika tidak ada penundaan rencananya senin 16 Maret 2015. silahkan cek pengumuman jadwal rilisnya di padamu.siap.web.id (login Padamu Negeri )

      Delete
  12. sampai sekarang belum ada,,,kapanpi????

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah jika tidak ada penundaan rencananya senin 16 Maret 2015. silahkan cek pengumuman jadwal rilisnya di padamu.siap.web.id (login Padamu Negeri )

      Delete
  13. makasih infonya pak, salam persahabatan

    ReplyDelete
  14. bos menu JJM. jenis tgas, rombel dan sterusnya memang kosong ya..soalnay di S25a SYA REKEP JJM tidak ditemukan..ifnonya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah dicetak S25a sudah oke mas,nanti diserahkan di adm. dinas kab/kota untuk mendapat persetujuan S26b.

      Delete
  15. Sudah tanggal 16 Maret Apakah sudah Keluar Pak S25 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada Ibu Sri, baca artikel cara cetak ajuan kolektif PTK (S25a) oleh kepala sekolah, atau Ibu Login saja ke akun Kepsek untuk cetaknya. terimakasih.

      Delete
    2. saya sudah cetak s25a, tapi di surat ajuan s25a siswa saya berkurang satu?.padahal didata yang saya entri di rombel/kelas dan daftar siswa semua sudah pas.apa yang salah?tolong penjelasannya

      Delete
    3. tidak masalah Ibu Ririn, kemungkinan ada double siswa sehingga dihitung menjadi satu. tidak ada yang salah. Ibu sudah mengentrinya dengan benar. salam hormat

      Delete
  16. apakah kepala sekolah harus mengisi eds siswa lgi untuk s25a?

    ReplyDelete
  17. apakah keprala sekolah harus mengisi eds lagi untuk mendapatkan s25a karna hari ini padamu negeri tidak bisa di buka karena pemuktahiran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Imam, EDSnya harus diisi dan berwarna hijau.Data siswa juga. pastikan data guru/ptk dan data staf sudah aktif di smtr. 2 ( bintang 4 warna kuning ). kalau sudah oke maka S25a dapat dicetak. salam hormat.

      Delete
  18. Maaf pak mau nanya, kemarin saya udah nyetak s25 tp ternyata pada kolom jumlah siswa 0 pdhl sudah hijau semua waktu mau saya cetak, gmn solusinya ? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu Nurul coba dicek kembali rombelnya, kemungkinan peserta didik pada rombel belum dimasukkan. salam hormat.

      Delete
    2. iya pak aku juga sama,aku hari ini udah cetak s25a,tapi jumlah siswa ma rombel kosong bpk..pas log mau masukin data siswa dan rombel tidak bisa,disitu tertulis kepla sekolah anda sedang mengajukan verval ke dinas terkait..mohon solusinya pak...

      Delete
  19. maaf pak mau tanya ,bagaimana cara mengedit data yang sudah di setujui dinas..??di situ sasaya sudah bisa cetak kartu digital trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ingin diedit kembali harus dibatalkan terlebih dahulu di adm. dinas kab/kota untuk data yang sudah disetujui sebelumnya.

      Delete
    2. saya sudah dibatalkan tapi kok tetep ga bs di edit

      Delete
    3. Jika S25b sudah dibatalkan adm.dinas selanjutnya batalkan Ajuan (s25a) lewat akun kepala sekolah saat bapak cetak ajuan kolektif ( S25a) pada tahap 4. setelah dibatalkan maka jadwal mingguan dapat diedit. salam hormat. makasih.

      Delete
  20. asssss...
    pakk saya sudah bisa cetak s25 tapi lemba ke 3 nya gk keluar ,,apa ada yg belum saya isi ...mungkin bapak bisa bantu saya ...TERIMAKASIHH....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum Salam Mas Ronie, S25a ada 2 halaman, yakni surat ajuan kolektif PTK dan daftar guru aktif beserta JJMnya. jadi yang dicetak sudah benar mas 2 hlmn. Tidak ada yang salah. Kalau sudah cetak diantar ya mas ke adm. dinas kab/kota agar mendapat pesertujuan S25b sehingga teman-teman guru bisa cetak kartu digitalnya. trim`s...

      Delete
  21. menu jadwal pelajaran pada login ops sekolah tidak ada,,minta solusi langkah2nya bgmna..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Diman, Masuk Log in Adm/ops masukkan ID dan Password. setelah terbuka ada menu sekolah diklik, kemudian klik jadwal setelah itu akan ada jadwal mingguan silahkan diklik.kemudian diisi jadwal mingguannya. salam hormat.

      Delete