info,pendidikan,sertifikasi,dapodik,guru,cpns,honorer,Tunjangan Profesi: Tips memperbaiki data guru jika ada kesalahan pada Dapodik v.2.0.7

Thursday, April 24, 2014

Tips memperbaiki data guru jika ada kesalahan pada Dapodik v.2.0.7 | info,pendidikan,sertifikasi,dapodik,guru,cpns,honorer,Tunjangan Profesi

Tips memperbaiki data guru jika ada kesalahan pada Dapodik v.2.0.7



Dengan telah dirilisnya patch v.2.0.7 maka diwajibkan bagi operator sekolah untuk megudate aplikasi Dapodik dari patch v.2.0.6 ke 2.0.7 karena dipastikan v.20.6 sudah tidak  dapat digunakan lagi atau expire. Patch 2.0.7 ini merupakan tahap finalisasi semester genap 2013/2014 dimana Nama PTK serta tahun, bulan dan tanggal lahir PTK yang bersangkutan sudah dikunci oleh sistem dijadikan permanen tidak dapat dirubah untuk diperbaiki lagi. Hal ini yang menjadi kendala bagi para operator sekolah jika ada PTK yang mungkin nama dan tanggal lahir mereka belum sesuai.

Pada lembar Info PTK/Guru pada Lapor tunjangan Dikdas ada 4 data rinci PTK yang sangat essential tidak dapat dimanipulasi dan dijadikan tingkat kevalidasian yang akurat yaitu :  Nama , Tgl/Bulan/Tahun lahir, NUPTK, dan Nip. Karena keempat data rinci tersebut akan disinkronkan/dicocokkan antara data Dapodik dengan Status NUPTK pada Data Base NUPTK,  serta status Data  Kelulusan Sertifikasi Pendidik. Jika telah sinkron/cocok maka data PTK  valid. Namun jika belum sinkron/cocok harus diperbaiki kembali melalui Dapodik.

Tujuan penguncian adalah untuk menghindari data seorang guru yang sudah tidak aktif lagi digunakan kembali dengan cara diedit dan diisi dengan nama orang lain (operator malas isi ulang lebih baik mengedit yg sudah ada, padahal salah prosedur)

Namun Bagaimana memperbaikinya jika nama dan tahun/bulan/tgl lahir sudah dikunci oleh sistem ?

 1.Jika ada kesalahan hapus data guru tersebut Pada kolom PTK dengan mengklik tombol Hapus kemudian Kilk tombol Tambah untuk mengisi kembali datanya secara lengkap dan isi ulang/perbaiki data yang tidak sesuai  lakukan sesuai prosedur, disave dan dikirim/disinkronisasi kembali. Namun cara ini sangat beresiko, kerjakanlahlah dengan hati -hati dan pertimbangkan kembali sebelum melakukannya.

2. Dapat juga dengan cara  mengembalikan patch versi 207 ke v206, kemudian perbaiki data PTK yang bemasalah. Untuk tips mengembalikan patch versi 207 ke v206 dapat dibaca pada artikel blog ini, silahkan klik di sini. Jika data sudah diperbaiki di patch v.206 diteliti kembali secara baik, setelah data dianggap sudah benar instal kembali patch v 207. Tahap terakhir lakukan sincronisasi kembali.

3. Tips yang paling manjur adalah mengisi data Dapodik dengan teliti dan dibutuhkan konsentrasi serta kesabaran sehingga tidak merepotkan dan menjadi pekerjaan berulang - ulang yang harus dikerjakan nantinya.

Ada identitas rahasia yang tidak bisa dibaca oleh operator sehingga jika data diganti dengan guru lain kode identitas rahasia tersebut masih milik guru yang lama, hal inilah yang membuat dilarang memperbaiki kesalahan nama dan tanggal lahir. Oleh karena itu diperlukan kehati-hatian serta ketelitian saat menginput data PTK.

Batas akhir pengiriman serta perbaikan data semester Genap yaitu akhir Mei (semester 2 TA 2013/2014). Gunakan sisa waktu tersebut, jika data belum valid segera diperbaiki, Jika data sudah valid tunjangan profesinya tetap dapat dibayarkan dari Januari hingga Juni, jadi tak perlu khawatir.

Salam Guru Indonesia.

No comments :

Post a Comment